Selamat Membaca Sobat !

Cari Blog Ini

Apakah Blog ini Sudah Menarik?

Sabtu, Oktober 26, 2013

Olimpiade Sejarah 2013

Tema
Menumbuhkan Karakter Kepahlawanan Pemuda  Melalui Olimpiade Sejarah

Syarat dan ketentuan
Waktu Pelaksanaan
     – pendaftaran                 : 2 Oktober – 2 November 2013
     – pelaksanaan lomba    : 9 November 2013
 Pendaftaran
·         Peserta mengisi data pada formulir pendaftaran yang dapat diunduh disini

·         Mengirimkan formulir pendaftaran ke alamat email: himasejarahunnes13@gmail.com
·         Format judul formulir pendaftaran: kompetisi sejarah_nama peserta_nama sekolah
·         Menyelesaikan administrasi (registrasi pendaftaran) sebesar Rp 100.000,- per peserta
·         Pembayaran dapat dilakukan ke Bank BNI dengan No. Rek. 0289815651 a.n. Aftian Mutiara AP
·         Setelah melakukan registrasi pendaftaran, konfirmasi pembayaran No. 085786180252 a.n. Aftian Mutiara AP dan membawa bukti pembayaran pada saat registrasi ulang
·         Atau pendaftaran bisa datang secara langsung ke kantor sekretariat panitia Olimpiade Sejarah, ruang HIMA SEJARAH PKM FIS UNNES mulai tanggal 2 Oktober 2013 sampai tanggal 2 November 2013 pada hari Senin- Kamis pukul 07.00- 16.00 WIB
·         Panitia memberikan fasilitas hanya untuk satu pendamping, selebihnya biaya ditanggung oleh sekolah masing-masing
 Peserta
Siswa SMA/ MA se-Jawa yang merupakan perwakilan dari masing-masing sekolah. Tiap sekolah berhak mengirimkan minimal 1 peserta dan maksimal 5 peserta.
Juri
Penjurian dilakukan oleh Tim Dosen Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.
 Alur Lomba
·         SELEKSI TAHAP I  (multiple choice)
Diikuti oleh seluruh siswa SMA/MA yang terdaftar untuk mengikuti lomba kompetisi sejarah. Tiap peserta akan disajikan soal tipe pilihan ganda sejumlah 50 butir soal dan soal uraian. Pada seleksi tahap I ini akan menyaring peserta menjadi 50 besar dan melanjutkan ke seleksi tahap II (The Big Fifteen).
·         SELEKSI TAHAP II (The Big Fifteen)
Diikuti oleh 50 peserta yang memperoleh nilai tertinggi dari seleksi tahap I. Tiap peserta akan disajikan soal tipe pilihan ganda dan “benar-salah” sejumlah 30 butir soal dengan cara dibacakan oleh panitia. Pada seleksi tahap II ini akan menyaring peserta menjadi 15 besar untuk melanjutkan ke Seleksi Tahap III.
·         SELEKSI TAHAP III (Lomba Cerdas Cermat)
Diikuti oleh 15 peserta yang lolos dari seleksi tahap II. Ke-15 peserta tersebut akan dibagi menjadi 3 kelompok besar dengan ruangan yang berbeda. Peserta akan diuji dengan soal wajib yang masing- masing peserta soalnya berbeda, kemudian akan dilanjutkan dengan soal rebutan. Nilai yang diperoleh dari soal wajib dan soal rebutan akan dikalkulasikan, sehingga menghasilkan 1 peserta dengan nilai tertinggi dari masing- masing ruangan. Kemudian akan ditentukan  2 Runner Up terbaik berdasarkan nilai tertinggi. Selanjutnya kelima peserta tersebut akan melanjutkan ke babak Grand Final.
·         BABAK GRAND FINAL
Diikuti oleh 5 peserta. Di babak ini akan diuji dengan soal secret question, blind question, dan studi kasus. Untuk lomba studi kasus, penjurian dilakukan oleh Tim Dosen Sejarah.
·         Materi Kompetisi
Materi yang diujikan dalam kompetisi merupakan materi mata pelajaran Sejarah KTSP kelas X semester  1 hingga kelas XII semester 1.
·         Info
Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi:
Avif Arfianto PU (08562750914)
Arip Rahman (085759044430)

Fadzhilatul M (089664202336)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi yang ingin mengikuti lomba menulis, blog, foto, ataupun lainnya. silahkan follow @Ada_Lomba Silahkan bagi yang mempunyai akun google plus bisa melingkari atau menjadi member. Dan bagi yang ingin mengsharekan lombanya di blog ini silahkan inbox ke adalomba28@gmail.com