Selamat Membaca Sobat !

Cari Blog Ini

Apakah Blog ini Sudah Menarik?

Rabu, Oktober 30, 2013

Lomba Menulis Cerpen Kisah Masa-masa Kuliah

Dalang rangka Dies Natalis Universitas Gadjah Mada yang ke – 64, KAGAMA VIRTUAL menyelenggarakan lomba menulis cerpen dengan tema “Kisah Masa-masa Kuliah (Isih Penak Jamanku tho?)”, dengan sub tema : Cinta, Persahabatan, Perjuangan, Kemanusian, KeIndonesiaan, Apresiasi Budaya.

Ketentuan Lomba

  1. Lomba dibuka untuk umum.
  2. Peserta perseorangan.
  3. Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu judul.
  4. Karya berupa tulisan fiksi (idenya bisa dari pengalaman nyata) dan hasil karya sendiri. Apabila kemudian hari ditemukan adanya plagiasi, peserta bertanggungjawab penuh.
  5. Karya belum pernah dipublikasikan oleh penerbit indie maupun major. Apabila hanya diposting di media elektronik seperti blog maupun notes Facebook, diperbolehkan.
  6. Tulisan tidak mengandung unsur yang dapat menyinggung suku, ras, agama, porno, dan unsur lain yang dinilai kurang pantas serta melanggar segala UU yang berlaku. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
Deadline Lomba : Senin, 11 November 2013.

Format Penulisan

  1. Panjang naskah 6-15 halaman, kertas A4, font Times New Roman 12, spasi 1,5.
  2. Lampirkan biodata (identitas diri) dalam bentuk narasi/paragraf dalam file yang berbeda. Lengkapi alamat, nomer telepon/ponsel, dan email aktif.
  3. Nama file ditulis: kategori lomba-judul-nama penulis (contoh: Cerpen-Cintaku di Kampus Biru-Ashadi Siregar).
  4. Kirim cerpen beserta lampiran biodata via email ke: lombacerpen@kagamavirtual.com dan cerpenkagama@yahoo.com, dengan format pengiriman: subyek email ditulis Cerpen-nama lengkap penulis (contoh: Cerpen-Ashadi Siregar). Pada badan file diisi dengan nomor telepon penulis dan judul.
Hadiah

  • Juara I : 3 juta+hadiah dari sponsor
  • Juara II : 2 juta +hadiah dari sponsor
  • Juara III : 1 juta + hadiah dari sponsor
  • Harapan I : 500 ribu + hadiah dari sponsor
  • Harapan II : 500 ribu + hadiah dari sponsor
  • Harapan III : 500 ribu + hadiah dari sponsor
  • Favorite : 1 juta + hadiah dari sponsor
  • Dari 10-15 cerpen yang layak akan dipilih untuk dijadikan antologi cerpen pemenang dan dibukukan. Buku kumpulan cerpen akan diterbitkan oleh Elexmedia Komputindo dan dipasarkan di 103 outlet Toko Buku Gramedia di seluruh Indonesia. Sekaligus didistribusikan di sekolah-sekolah di seluruh Indonesia yang dipilih.
Kriteria Penilaian

  1. Konten : berisi nilai-nilai positif yang mencerahkan dan member inspirasi tentang pluralism, keadilan, kebangsaan, kepedulian dan sebagainya.
  2. Teknik bercerita dan bahasa.
Juri

  • Wahyu W Basjir (Peneliti, aktivis LSM, pekerja dan pengapresiasi sastra dan musik; Alumnus F.Ekonomi).
  • Tulus Wijanarko (Wartawan Tempo, penulis puisi; Alumnus F. Ekonomi).
  • Sopril Amir (Aktivis LSM, pengapresiasi sastra, pembaca aneka rupa Alumnus F Isipol).
  • Andreas Maryoto (Wartawan Kompas, penulis pertanian, pangan dan kuliner; kolektor dan pengapresiasi sastra; Alumnus F.Tekhnologi Pertanian).
  • Suluh Pratitasari (Traveller, pebisnis travelling, penulis cerpen; Alumnus F Sastra).
  • Dwi Nastiti Arumsari (Wartawan media kampus Bulaksumur, PNS, penulis cerpen; Alumnus F Isipol).
  • Sulastama Raharja (Geologist, kolektor dan pengapresiasi sastra; Alumnus F Tehnik).

Penentuan pemenang Minggu 17 November 2013, termasuk cerpen yang layak dimasukkan antologi. Pengumuman pemenang, peluncuran buku dan pentas budaya, Sabtu 14 Desember 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi yang ingin mengikuti lomba menulis, blog, foto, ataupun lainnya. silahkan follow @Ada_Lomba Silahkan bagi yang mempunyai akun google plus bisa melingkari atau menjadi member. Dan bagi yang ingin mengsharekan lombanya di blog ini silahkan inbox ke adalomba28@gmail.com